Rabu, Oktober 14, 2015

Mengenali Riba Dalam Transaksi




Mengenali Riba Dalam Transaksi

Mengapa riba dilarang? “Pertanyaan seperti itu hampir tiap kali saya terima dari audience,”kata Aidil Akbar Madjid, ketua Indonesian Association of Registered Financial Consultant (IARFC) kepada Sharing.

Aidil yang telah membuka divisi perencanaan keuangan syariah di biro perencana keuangannya sejak 2002 melihat, sosialisasi soal riba masih kurang di Indonesia. Hingga, ketika mengisi seminar atau workshop tentang perencanaan keuangan syariah, Aidil mengaku masih sering ditanya pertanyaan di atas.  Apa jawaban Anda? Tanya Sharing kepada  Aidil. Aidil menjawab dengan ilustrasi. Hal yang sama ia lakukan kepada audiensnya  yang menanyakan mengapa riba dilarang?

Senin, Oktober 12, 2015

Membaca Cerita Dari Laporan Keuangan




Membaca Cerita Dari Laporan Keuangan

Investor yang baik tidak sekadar mengandalkan instingnya, juga analisa. Membaca laporan-laporan keuangan perusahaan go public diperlukan untuk mampu menganalisa secara lebih tepat. Sayangnya, tidak semua investor yang dapat membaca laporan keuangan. Nah, berikut ini adalah sedikit pengetahuan untuk membaca laporan keuangan sebuah perusahaan yang dikompilasi Sharing dari berbagai sumber.

Bukalah sebuah laporan keuangan yang dipublikasikan di media cetak, prospectus atau annual report,isinya angka-angka semua. Apa di balik angka? Apakah ia mampu menceritakan kondisi perusahaan yang sebenarnya?

Pada dasarnya laporan keuangan disusun sistematis. Yang terpenting adalah dua elemen utama yaitu neraca dan Laporan Laba Rugi. Melengkapinya biasanya adalah Laporan Arus Kas.