Senin, Februari 11, 2013

Tentang Seseorang…


Sedang berbenah file-file di Laptop Siang ini ketemu tulisan ini.... sepertinya masih aktual.... jadi diposkan saja...

Dalam realita keseharian kita… ada sebuah kondisi yang selalu bergantian mengisi setiap relung jiwa. ‘sedih’ dan ‘bahagia’… ‘pesimis’ dan ‘optimis’… ‘ramai’ dan ‘sepi’… Padanan kata tersebut adalah sebuah kondisi biasa akan selalu saling bergantian mengisi hari-hari kita. Dalam filsafat Tao The Ching dikenal Yin dan Yan sebagai suatu keseimbangan kehidupan.
Suatu ketika pernah saya dan –mungkin- kita semua pernah merasa kesepian dan sendirian. Terlebih di jalan dakwah, jika cara pandang kita masih belum benar dalam berjuang. Dan itu wajar... karena perjalanan kita bersama dakwah adalah hari –hari perjuangan dan pengorbanan.

”Berharap senang dalam berjuang... bagai merindu rembulan di tengah siang - Saujana”.


Begitulah dakwah mengajarkan kita... masih ingatkah kita suatu ketika kita sama-sama berjuang dalam sebuah wasilah dakwah yang kita rebut bersama sehingga akhirnya kita punya tanggungjawab untuk mengelola wasilah ammah tersebut bersama-sama. Pada waktu itu sungguh... kita –mungkin hanya aku?- tidak punya pengalaman dan kompetensi untuk berjuang di tempat dan suasana yang baru tersebut. Dan terus terang pada waktu itu saya banyak berharap pada kalian yang sudah terlebih dahulu malang melintang di sana. Sedangkan saya pada waktu itu bergabung bersama kalian lebih karena – maaf – accident!
Pada waktu itu kita juga tidak banyak kan? Coba buka kembali file-file yang mungkin telah kau kirim ke recycle bin itu. Ok... ikuti langkah-langkahnya... buka windows eksplorer ingatanmu. Klik recycle bin dan restore kembali folder dengan nama ’Perjuangan’. Dan silahkan baca kembali file-file yang ada di dalamnya satu persatu.
Dan maaf... saya tidak punya banyak waktu untuk mengantarkan tulisan sambil kau membaca kembali file-file dalam ingatanmu yang pernah kita tuliskan berasama-sama... Tapi satu hal... ingatkah setiap bidang perjuangan kita hanya digawangi satu orang yang jelas mereka bukanlah pimpinan dari bidang tersebut (baca: KaDept)? Dan ingat pula bahwa kebanyakan mereka adalah pewaris semangat yang dimiliki oleh kaum bunda Sumayah dan Aisyah...
Seseorang bijak pernah berkata seandainya anak-anak raja itu mengetahui kenikmatan yang kita rasakan dalam berdakwah, sesungguhnya mereka akan merebut dakwah ini dari tangan kita dengan pedang-pedang mereka. Begitulah hakikatnya dakwah... pandanglah ia dari sisi yang lain. Niscaya kita semua akan menemukan keindahan dalam setiap langkah perjuangan. Nikmat ukhuwah jelas adalah salah satu nikmat yang tidak akan pernah kita temui di tempat yang lain.
Ok... kau sudah bulatkan tekad bukan? Mudah-mudahan Dia memudahkan perjalanan para pejuang di manapun mereka berada. 

Tidak ada komentar: