Kamis, September 04, 2008

Istiqomah dalam hidayah


بسم الله الرحمن الرحيم

1. Hidayah (iman dan Islam) serta istiqomah didalamnya merupakan sesuatu yang sangat penting, mahal dan menentukan (kebahagiaan dan keselamatan). Salah satu hikmah surat الفاتحة dijadikan rukun shalat karena salah satu ayatnya à permohonan hidayah.

اِهْـدِناَ الصِّـرَاطَ اْلمُسْتَقِيْمِ ß ثَبِّتناَ عَلى دِيْنِ الإِسْلاَمِ

Al-Fatihah àالسـبع المـثانى (tujuh ayat yang diulang-ulang).

وَلَقَدْ آتَيْناَكَ سَبْعاً مِّنَ اْلمَثَانِى وَالْقُرْآنَ الْعَظِيْمَ. {الحجر : 87}.

2. Hidayah à mahal à Rasulullah Saw. tidak mampu memberi hidayah kepada pamannya (Abu Thalib).

إِنَّكَ لاَتَهْدِى مَنْ أَحْبَبْتَ وَلكِنَّ الله يَهْدِي مَنْ يَشَآء وَهُوَ أَعْلَمُ بِاْلمُهْتَدِيْنَ. {القصص : 56}.

3. Hidayah à akan diberikan Allah SWT à kepada orang-orang yang sungguh-sungguh ingin mendapatkannya (al-Mujahadah).

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْناَ لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللهَ لَمَعَ اْلمُحْسِنِيْنَ.{العنكبوت : 69}.

4. Salah satu ciri utama orang mendapat hidayah, adalah mempunyai keinginan kuat melaksanakan ajaran Islam.

فَمَنْ يُرِدِ اللهُ أَنْ يَهْدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلإِسْلاَمِ وَمَنْ يُرِدْ أَنْ يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنمَّاَ يَصَّعَّدُ فِىالسَّمَآءِ كَذلِكَ يَجْعَلُ اللهِ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِيْنَ لاَيُؤْمِنُوْنَ. {الأنعام : 125}.

5. Salah satu do’a penting yang dimohonkan oleh orang-orang yang berilmu, adalah diluruskan hatinya istiqomah dalam hidayah Allah SWT.

1. هُوَ الَّذِيْ أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٍ مُّحْكَمَاتٍ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ, فَأَمَّاالَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُوْنَ مَاتَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَآءَ الْفِتْـنَةِ وَابْتِغَآءَ تَأْوِيْلِهِ وَمَايَعْلَمُ تَأْوِيْلَهُ إِلاَّ اللهُ وَالرَّاسِخُوْنَ فِى اْلعِلْمِ يَقُوْلُوْنَ آمَنَّابِهِ كُلُّ مِّنْ عِنْدِ رَبِّنَا وَمَايَذَّكَّرُ إِلاَّ أُوْلُوا اْلأَلْبَابِ (7) رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ (8). {ال عمران : 7-8}.

2. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اَلْعِلْمُ عِلْمَانِ: عِلْمٌ فِى اْلقَلْبِ فَذلِكَ الْعِلْمُ النَّافِعِ وَعِلْمٌ عَلىَ اللِّسَانِ فَذَلكَ حُجَّةُ اللهِ عَلىَ ابْنِ آدَمَ. {رواه الخطيب عن جابر}.

Timbulnya kelompok orang yang dianggap mempunyai ilmu (cendekiawan) yang sering berpendapat janggal dan aneh serta meresahkan masyarakat, bukti dari mahalnya hidayah à ilmu yang menghasilkan kemampuan berdalil saja à tetapi tidak menghasilkan keyakinan yang mendalam dan amal shaleh yang bermanfaat, misalnya: Orang yang berpendapat (pendapat yang sangat berbahaya dan merusak).

a. Semua agama sama à QS. 2 : 62 QS. 22 : 17.

QS. 3 : 19, QS. 3 : 83. QS. 3 : 85.

b. Boleh kawin berbeda agama à QS. 2 : 221. QS. 5 : 5, beberapa hadits Nabi.

c. Tidak ada istilah murtad, kafir, musyrik dalam Al-Qur’an (padahal semuanya ada : QS. 2 : 217. QS. 98 : 1 dan masih banyak ayat dan hadits lain). Perhatikan pula Q.S. 2 : 120.

Tidak ada komentar: