Kamis, September 04, 2008

Hakekat ibadah


بسم الله الرحمن الرحيم

Bagaimana ibadah yang kita lakukan bisa membawa pengaruh dalam kehidupan seorang muslim :

1. Merasakan Nikmat Allah SWT yang begitu banyak diberikan kepada hambannya

2. Merasakan keagungan dan kebesaraan Allah SWT melalui ciptaan-Nya dilangit dan dibumi

3. Mampu merendahkan diri di hadapan Allah SWT dengan menghilangkan segala kesombongan yang melekat didalam diri.

4. Menghadirkan hati bahwa Allah SWT melihat apa yang kita lakukan

5. Jadikan ibadah itu seolah-olah ibadah terakhir yang kita lakukan

à Ibadah dengan akhlaq/perilaku keseharian, merupakan dua hal yang menyatu dan tidak terpisahkan.

وَاسْتَعِيْنُوْا بالصَّبْرِ وَالصَّلوةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ إِلاَّ عَلَىالْخَاشِعِيْنَ (45) اَلَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ أَنَّهُمْ مُّلقُوْا رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (46). {البقرة : 45-46}.

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu` (45) (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya (46")”. (QS. Al-Baqarah : 45-46).

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ (1) اَلَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلاَتِهِمْ خَاشِعُوْنَ (2) وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِلزَّكَوةِ فَاعِلُوْنَ (4) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5). {المؤمنون : 1-5}.

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (1) (yaitu) orang-orang yang khusyu` dalam shalatnya (2) dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna (3) dan orang-orang yang menunaikan zakat (4) dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (5)”. (QS. Al-Mukminun : 1-5).

يَآأَيُّهَاالَّذِيْنَ ءَامَنُوْا ارْكَعُوْا وَاسْجُدُوْا وَاعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوْا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. {الحجّ :77}.

“Hai orang-orang yang beriman, ruku`lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan”. (QS. Al-Hajj : 77).

وِعِبَادُ الرَّحْمنِ الَّذِيْنَ يَمْشُونَ عَلَى الأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُوْنَ قَالُوْا سَلاَمًا (63) وَالَّذِيْنَ يَبِيْتُوْنَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَامًا (64) وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُونَ رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا (65) إِنَّهَا سَآءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا (77). {الفرقان : 63-66}.

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik (63) Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka (64) Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab Jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal" (65) Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman (66)”. (QS. Al-Furqan : 63-66).

يَآبُنَيَّ أَقِمِ الصَّلوةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَآأَصَابَكَ إِنَّ ذلِكَ مِنْ عَزْمِ الأُمُوْرِ (17) وَلاَتُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَتَمْشِ فِيْ الأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (18) وَاقْصِدْ فيْ مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ إِنَّ أَنْكَرَ الأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيْرَ (19). {لقمان : 17-19}.

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah) (17) Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri (18) Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai (19)”. (QS. Luqman : 17-19).

1 komentar:

scorpio girl mengatakan...

Asslm,wah. .blogny bagus bgt. .oy,salam knal kak.ne cha.cm pngen ta'aruf.oy,coment blog cha y kk. Almt'y
dwicha64.blogspot.com
sukron